Kenali 3 Jenis Pajak Pusat Di Indonesia

Kenali 3 Jenis Pajak Pusat Di Indonesia

Ada beberapa jenis pajak yang pernah kita dengar sebelumnya, bahkan mungkin seringkali kita melaporkan pajak dan membayar pajak pada jenis pajak tersebut. Wajib pajak yang baik akan melaporkan pajaknya tepat waktu sebelum masa kadaluwarsa pajak.

Beberapa orang hanya mengenal mengenai pajak penghasilan (PPh) dan juga Pajak Pertambahan Nilai tidak banyak yang tahun jika ada masih banyak sekali jenis-jenis pajak yang sayang sekali bila dilewatkan begitu saja.

Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM)

Selain ada PPh dan PPN, masih ada 3 jenis pajak yang perlu Anda tahu, salah satunya adalah Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM) yang dikenakan atas wajib pajak yang mengkonsumsi barang kena pajak dengan harga yang mahal. Ada beberapa kategorei barang kena pajak PPnBM diantaranya:

  • Barang tersebut bukan masuk dalam barang kebutuhan pokok
  • Barang tersebut hanya dikonsumsi oleh beberapa orang saja mengingat harganya mahal
  • Pada dasarnya barang tersebut oleh masyarakat dengan pendapatan yang tinggi
  • Barang yang dibeli dengan tujuan untuk menunjukkan status kekayaan
  • Terakhir adalah jenis barang yang bila dikonsumsi bisa merusak kesehatan maupun moral masyrakat, juga bisa mengganggu ketertiban masyarakat.

Bea Materai

Merupakan jenis pajak yang dikenakan berdasarkan pemanfaatan dokumen, seperti akta notaris, surat perjanjian, kwitansi pembayaran, surat yang berharga, bursa efek, yang mana memuat jumlah atau nominal uang di atas jumlah tertentu yang sebelumnya telah disesuaikan dengan ketentuan.

Pajak Bumi Bangunan (PBB)

Merupakan pajak yang dibebankan atas kepemilikan maupun pemanfaatan tanah dan bangunan. Sejak 1 januari 2010 lalu, PBB perdesaan serta perkotaan menjadi Pajak daerah yang sepanjang peraturan daerah mengenai Pajak Bumi Bangunan yang berkaitan dengan Perkotaan dan Pedesaan telah terbit. Setelah 1 Januari 2014, bila sebelumnya PBB Perdesaan dan Perkotaan dipungut oleh pemerintahan pusat, maka sejak tanggal tersebut PBB sudah menjadi tugas dari pemerintah daerah, sedangkan untuk PBB perkebunan, pertambangan dan perhutanan masih tetap menjadi tugas dan tanggung jawab dari pemerintah pusat.

Penting sekali untuk mengetahui apa saja jenis-jenis pajak yang berlaku di Indonesia, termasuk PBB, Bea materai, dan juga pajak barang mewah.

Sumber : jasa konsultan pajak jakarta

Leave a Reply