Kenali Alasan AC di Rumah Sering Mati

Tentu anda merasa heran ketika kondisi listrik rumah yang tidak stabil bukan? Terlebih lagi jika hal itu berhubungan ketika anda akan menyalakan ac ruangan. Apakah terjadi kerusakan pada ac rumah anda? Atau memang daya listrik di rumah tidak mencukupi? Agar anda mendapatkan kepastian tentang hal itu, anda juga harus memahami kapasitas ac yang ada di rumah sudah sesuai belum dengan daya arus listrik di rumah? Artikel berikut akan memaparkan secara rinci mengenai alasan penyebab ac di rumah sering mati. Bila anda yakin bahwa penyebabnya bukan karena daya arus listrik di rumah anda, maka penjelasan berikut tentu akan membantu anda.

AC rumah yang sering mati, kemungkinan besar terjadi jika jenis ac yang dipakai akan memengaruhi daya listrik turun di rumah. Hal itu terutama ketika ac yang digunakan bukan ac inverter atau anda menggunakan ac standard. Adapun ac yang menggunakan inverter merupakan teknologi yang dikembangkan dalam sebuah perangkat ac untuk mengubah arus listrik secara bolak balik. Bila anda memahami tentang elektro, inverter adalah aplikasi dari rangkaian osilator daya. Sederhananya, ac yang merupakan perangkat elektronik yang sangat menguras energi. Untuk itu selayaknya teknologi inverter ini diterapkan pada produk ac karena bisa membantu penghematan listrik yang bisa dilakukan pada teknologi yang bersistem pengubahan arus listrik tersebut.

Sedangkan ac standard merupakan jenis ac yang belum menggunakan teknologi inverter. AC jenis ini secara umum diilustrasikan pada contoh berikut. Ketika anda menyalakan ac standard pada suhu 22 misalnya, maka kompresor ac akan berusaha semaksimal mungkin untuk mendinginkan ruangan sesuai suhu yang diinginkan. Bila suhu sudah tercapai, ac akan berhenti secara otomatis. Ketika suhu ruangan kembali panas, maka ac akan kembali menggenjot kompresor untuk mencapai suhu yang diinginkan tadi.

Adanya naik turunnya sistem ac tersebut, tentu membuat penggunaan listrik menjadi boros. Selain itu pemakaiannya akan membuat daya listrik menjadi turun. Bahkan di kondisi-kondisi tertentu arus listrik tiba-tiba padam karena adanya penarikan kompresor ketika ac bekerja terlalu berat dengan watt yang besar sehingga pasokan listrik tersedot drastis.

Leave a Reply