Tips Memilih Proyektor Sesuai Kebutuhan

Tips Memilih Proyektor Sesuai Kebutuhan

Memilih satu proyektor yang sesuai dengan selera dan kebutuhan itu tidak mudah, karena selera kita membuat kita menginginkan proyektor pertama namun berdasarkan kebutuhan kita seharusnya membeli proyektor yang kedua. Dari pada terus mengalami dilemma ketika dihadapkan pada pilihan saat membeli proyektor, simak tips memilih proyektor yang sesuai dan tepat di bawah ini:

Menentukan Tipe Teknologi Proyektor

Sebagaimana kita ketahui, proyektor tidak hanya dibekali dengan satu tipe teknologi saja, melainkan ada 3, yakni DLP, LCD maupun LCoS.

DLP merupakan teknologi canggih proyektor yang memakai jutaan kaca berukuran kecil yang berfungsi untuk memproyeksikan gambar. Ada pun gambar yang dihasilkan dari proyektor DLP umumnya memiliki kualitas terbaik, akurasi warna serta kontras tinggi dan pemakaian daya rendah membuat teknologi ini sangat digemari terutama untuk home theater.

LCD merupakan teknologi proyektor yang memiliki tingkat kecerahan lebih tinggi bila dibandingkan dengan DLP, resolusi dan aspek rasionya pun tidak kalah tinggi jadi proyektor ini menjadi pilihan terbaik bagi mereka yang bermaksud menggunakan proyektor untuk melakukan presentasi di sekolah, kampus maupun kantoran.

Terakhir adalah LCoS yakni proyektor yang memiliki teknologi perpaduan antara LCD dan DLP, yang mampu memproyeksikan suatu gambar dengan sangat jelas dan terang serta memberikan gambaran yang tajam sebagaimana proyektor LCD dan dapat memberikan akurasi warna sekaligus kontras tinggi sebagaimana proyektor DLP.

Menentukan Fungsi Utama Proyektor yang Akan Dibeli

Sebelum membeli pasti Anda memiliki alasan bukan mengapa harus membeli proyektor? Alasan ini akan berhubungan erat dengan fungsi. Ketika Anda sudah mengetahui apa saja tipe teknologi proyektor yang ada, maka sesuaikan antara tipe dengan kebutuhan serta fungsi, mau digunakan untuk apa proyektor tersebut dan disimpan di mana, apa di rumah atau di kantor untuk kegiatan bisnis?.

Untuk home theater, Anda bisa memilih proyektor DLP namun untuk kebutuhan sekolah, kampus maupun kantoran, ada baiknya jika Anda memilih proyektor tipe LCD. Anda pun dianjurkan untuk dapat memahami kondisi ruangan tempat Anda berencana memasang proyektor, sebab tiap proyektor memiliki kemampuan berbeda sehingga penempatan proyektor pun akan berbeda.

Sumber Artikel : Smilesmultimedia

Leave a Reply